Wednesday, August 27, 2008

Citizen Journalism (18)

Bendera Parpol Pengusir Tikus

SAYA berada di desa tempat saya dilahirkan, Ciawi Tasikmalaya, Sabtu, 23 Agustus 2008 lalu. Saya menyempatkan diri melihat sebidang tanah untuk hari tua nanti. Satu hal yang membetot perhatian saya adalah sebuah bendera partai politik, bendera PDI Perjuangan warna merah lengkap dengan banteng gemuk di dalamnya.

Saya bertanya kepada salah seorang "panyawah", penggarap sawah yang masih terbilang saudara, mengapa bendera PDI Perjuangan dipasang di sawah. "Untuk mengusir tikus," jawabnya. "Soalnya tikus takut sama banteng!" Saya pun spontan tergelak mendengar jawabannya yang polos tapi mengena itu.

Saya ambil makna lain dari adanya bendera PDI Perjuangan di atas sawah yang menghijau itu. Boleh jadi PDI Perjuangan sekarang parpol yang disegani dan ditakuti para koruptor. Bukankah para koruptor selalu digambarkan dengan tikus? Jadi, adanya bendera PDI Perjuangan di atas sawah itu pun untuk mengusir para koruptor, eh... tikus-tikus itu! Setuju? (PEPIH NUGRAHA)

No comments: