Friday, August 01, 2008

Berbagi Pengalaman Menulis (69)

Pesan Mas Ton (1)



JUMAT, 1 Agustus 2008 hari ini, saya menerima surat dari Hendra Kadarma yang berdomisili di Cibubur, Jakarta. Begini bunyi suratnya:


Yth Pak Pepih,




Saya ingin menanyakan aturan teknis jika saya ingin mengirim artikel ke harian Kompas (menyangkut ukuran kertas, spasi, jenis huruf , dsb.)



Terima kasih banyak.



Hendra Kadarma



Saat rapat rutin redaksi, saya langsung mendekati Mas Toni Widiastono, editor desk opini Kompas. Saya minta kesediaan Mas Ton, demikian wartawan senior ini biasa dipanggil, untuk menjawab pertanyaan Pak Hendra Kadarma ini. Sungguh surprise, bukan sekedar menjawab pertanyaan Pak Hendra semata, tetapi dia memberi sejumlah pesan kepada para penulis yang bermaksud mengirimkan artikelnya ke Halaman 6 Kompas.



Soal aturan teknis yang ditanyakan Pak Hendra, Mas Ton menjelaskan, bahwa tidak ada aturan teknis yang baku menyangkut ukuran kertas, spasi, atau jenis huruf. Menulis dengan ketikan di atas kertas pun, saat surat elektronik mewabah, masih tetap bisa diterima. Tidak ada masalah. "Pak Daoed Joesoef dan Pak Satjipto Rahardjo kalau membuat artikel itu selalu diketik manual, tidak pernah dikirim melalui alamat e-Mail," katanya.



Di bawah diingatkan kembali cara-cara teknis mengirim artikel untuk lebih mempermudah para penulis, sebagaimana yang ditanyakan Pak Hendra:



1. Tulisan dikirim melalui surat elektronik dalam bentuk soft copy atau dikirim langsung ke redaksi jika dalam bentuk hard copy.

2. Tulisan soft copy dalam bentuk file Microsoft Word dikirimkan ke alamat opini@kompas.co.id atau opini@kompas.com dengan jenis huruf apapun, yang penting sesuai banyaknya karakter yang ditentukan.

3. Tulisan dalam bentuk hard copy menggunakan kertas ukuran A4, folio, atau kwarto dan diketik spasi ganda, dikirmkan ke alamat Redaksi Harian Kompas, Jalan Palmerah Selatan 26-28 Jakarta, 10270.

4. Jika menggunakan ukuran kwarto spasi rangkap, panjang karangan antara 4 sampai 5 halaman.

5. Panjang karangan upayakan tidak lebih dari 5.000 karakter.

6. Beri keterangan atau identitas penulis, alamat jelas, nomor telepon dan nomor faksimil (kalau ada).

7. Tulisan dibubuhi tandatangan si penulisnya. Bahkan lebih baik diberi keterangan bahwa tulisan ini belum pernah dimuat sebelumnya di media manapun dan tidak sedang dikirmkan ke media manapun. (Bersambung)





No comments: