Tuesday, November 25, 2008

Catatan (69): Foto Lama

Para Pejuang




PARA pejuang. demikianlah Agus Hermawan, rekan saya yang biasa saya panggil Kang Ush, memasang foto-foto lama di Facebook miliknya. Foto diambil oleh rekan wartawan sendiri saat terjadinya kerusuhan Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, akhir Januari 1997. Sudah 11 tahun lewat, tidak terasa waktu berlalu. Dunia dan seisinya yang sudah semakin renta, termasuk saya tentunya.

Dalam dua foto itu saya antara lain berfoto bersama rekan-rekan sesama wartawan Kompas, yakni Kang Ush, Myrna Ratna (Mbak Myr), dan James Luhulima (JL). Rekan wartawan dari media lainnya antara lain Imannuddin (Jakarta Post), Farouk Al-Sururi (sekarang Pemred Sindo), Mulawarman (Surya), Edi Hidayat (Media Indonesia), Bachtiar, dan Aris. Begitulah, orang lain menghindar dari kerusuhan, para wartawan malah mendekat dan harus selalu berada di dekat kerusuhan.

Banyak kerusuhan yang bisa saya ceritakan di sini, Rengasdengklok hanya salah satunya saja. Ada Poso, Ambon, Papua, Kerusuhan Mei, Peristiwa Semanggi I dan II, Tasikmalaya, Makassar, Penyerangan Kantor PDIP 27 Juli, dan banyak kerusuhan lainnya yang terjadi semasa Presiden Soeharto berkuasa.

Setelah meminta izin tertulis di Facebook, saya postingkan foto kenangan lama di rengasdengklok itu di sini. Sahabat bisa menebak-nebak mana foto saya di kedua foto di atas. Maaf ya kalau agak-agak narsis sedikit....

1 comment:

Asep said...

Foto nostalgia ya Pepih, ush masih muda kelihatan